Home
news
Fakultas KIP UMRI Mengadakan Kuliah Umum dan Pelantikan BEM Untuk Periode 2016-2017

Fakultas KIP UMRI Mengadakan Kuliah Umum dan Pelantikan BEM Untuk Periode 2016-2017


Sabtu, 2016-04-23 - 16:03:20 WIB

Pekanbaru,  FKIP-UMRI sabtu 23 April 2016 mengadakan kuliah umum dengan mengundang narasumber  Ketua PGRI Provinsi Riau Bapak  Dr.H.Syahril, S.Pd, MM, dengan tema “ Membangun Profesionalisme Guru Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan”  kuliah umum dilaksanakan dengan dibarengi Pelantikan BEM FKIP UMRI Periode 2016-2017.

Pelaksanaan pelantikan BEM ini dilaksanakan dengan hikmat dan dilantik oleh Pjs Dekan FKIP UMRI Bapak Bakaruddin, S.E, MM. dan beliau merupakan Wakil Rektor II di Universitas Muhammadiyah Riau serta dihadiri oleh beberapa dosen FKIP UMRI, Ketua Program Studi Bapak  Edi Ismanto, S.T, M.Kom , dan Beberapa utusan undangan dari BEM FKIP UIN-Suska, BEM FKIP UR, BEM FKIP UIR, BEM FKIP Unilak, dan STKIP Aisyiyah.

Dalam pidatonya Pak Bakaruddin menyampaikan dengan pelantikan BEM FKIP UMRI ini diharapkan BEM FKIP UMRI ini bisa menjadi wadah kreativitas mahasiswa pendidikan UMRI, serta memberikan kontribusi untuk kemajuan fakultas dan program studi dengan melahirkan ide-ide yang cemerlang dan positif, untuk kedepannya kita akan menambahkan program-program studi baru pada FKIP ini, ujarnya. Setelah selesai acara pelantikan kemudian acara dilanjutkan dengan Kuliah Umum dengan narasumber Dr. H. Syahril, S.Pd, MM dan di pandu oleh dosen FKIP  Melly Novalia, S.Kom, M.Pd.

Dalam kuliah umumnya Dr.H.Syahril, S.Pd, MM  mengatakan pekerjaan guru tidak dianggap sebagai pekerjaan biasa, namun sudah menjadi sebuah profesi, untuk menjadi guru yang profesional butuh proses dan harus ada standar-standar yang harus dipenuhi oleh guru tersebut yang dinamakan kompetensi.

Kompetensi tersebut ada 4 jenis yaitu : Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, Kompetensi Pendagogik, Kompetensi Profesional.

Untuk menjadi guru professional di era digital saat ini harus memiliki , ilmu dan keterampilan yang sesuai dengan bidang keilmuannya, Menguasai IT, Mampu berbahasa , minimal bahasa Indonesia dan bahasa Inggris ( nasional & internasional) ini tidak terlepas adanya dan berlakunya MEA.

Pendidikan saat ini diharapkan dapat menjadi pendidikan entrepreneurship yaitu pendidikan yang dapat membaca peluang, bukan pendidikan yang berorientasi bisnis ujarnya.

Kuliah umum ini disertai dengan sesi Tanya jawab antara mahasiswa dan narasumber, beberapa mahasiswa antusias dengan mempertannyakan seputar profesi keguruan dan pengajaran.

Acara kuliah umum ini selesai pukul 11.30 serta ditutup dengan prosesi foto bersama dosen dan narasumber. (FKIP-UMRI)


Share Berita


Komentari Berita