Home
news
Mau Kuliah? Ayo Gabung Di Pendidikan Informatika FKIP-UMRI

Mau Kuliah? Ayo Gabung Di Pendidikan Informatika FKIP-UMRI


Rabu, 2016-03-30 - 09:46:45 WIB

PEKANBARU,Riau12.com-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Riau (FKIP-UMRI) pada saat ini telah memiliki satu program studi unggulan, yaitu Program Studi Pendidikan Informatika, dimana Program Studi Pendidikan Informatika ini hanya satu-satunya yang baru ada di Provinsi Riau.


Hal demikian diungkapkan Ketua Program Studi Pendidikan Informatika FKIP UMRI,  Edi Ismanto, S.T, M.Kom  kepada Riau12.com, Selasa (29/03/2016).


Dia menjelaskan keunggulan memilih program studi Pendidikan Informatika ini diantaranya yakni Program Studi Pendidikan Informatika  ini merupakan program studi satu-satunya yang baru ada di Provinsi Riau. Dan Program studi ini dibawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMRI.Bukan hanya itu saja, untuk peluang kerja tenaga pendidik  atau guru di bidang Informatika di Provinsi Riau masih terbuka luas.


" Belum Lagi kebutuhan Tenaga Pendidik di Lingkup SMK Jurusan Multimedia, SMK Jurusan  Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), SMK Jurusan  Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Dan lembaga-lembaga  Pelatihan dan tidak tertutup kemungkinan untuk bisa bekerja di BUMN, BUMD, Perusahaan, dan Perbankkan.
Selain Ilmu pendidikan yang diberikan,  juga mahasiswa Pendidikan Informatika diberikan Ilmu Praktisi dibidang Informatika Komputer sehingga tidak kalah dengan yang non Pendidikan," terangnya.


Selain itu Lulusan dapat mengembangkan ilmunya, sebagai seorang Analist System, Programmer Komputer,Database Administrator, Web Design, Multimedia Informatika, Administrator Jaringan, Desain Arsitek Jaringan, Pengembang kurikulum Pendidikan Informatika, Pengembang Teknologi Pendidikan, Pengembang Artificial intelligence (AI), Pengembang Expert System, dan Peneliti dibidang Informatika. Ditambah lagi Area Kampus UMRI terletak di kawasan Perkotaan Pekanbaru.

Dalam kurikulum program studi pendidikan informatika FKIP UMRI telah didesain sangat matang, dimana nantinya mahasiswa dapat memilih beberapa mata kuliah peminatan kosentrasi keahlian, diantaranya peminatan Teknik Komputer dan Jaringan, peminatan Software Engineering (Perangkat Lunak), dan peminatan Multimedia. Selain SKS (Satuan Kredit Semester)  teori yang diajarkan,  mahasiswa juga diajarkan pengimplementasian yang dituangkan dalam SKS pratikum dikurikulum.


"Dan yang tidak kalah menarik mahasiswa FKIP Pendidikan Informatika UMRI dirancang untuk mampu menyusun Kurikulum Pembelejaran TIK yang akan diterapkan di Sekolah-Sekolah Kejuruan dibidang TIK," paparnya lagi.


Untuk tahun ajaran 2016/2017  pihaknya membuka pendaftaran mahasiswa baru angkatan ke-3 untuk prodi Pendidikan Informatika FKIP UMRI. dengan dibagi tiga gelombang :‎ Gelombang 1 : 22 Februari - 07 Mei 2016 ‎, Gelombang 2 : 08 Mei - 20 Juli 2016 dan Gelombang 3 : 31 Juli - 03 September 2016.‎ Kelas kuliah yang bisa dipilih mahasiswa ada 2 kelas yaitu kelas regular pagi dengan hari kuliah senin sampai jumat atau kelas malam dengan hari kuliah senin sampai jumat malam.


"Kami memberikan kemudahan untuk masuk di program studi pendidikan informatika FKIP UMRI, karena selain uang semester dan pratikumnya yang tidak begitu mahal, untuk SKS matakuliah tidak kami bebankan untuk membayar, dan ada beberapa biaya masuk yang kami beri diskon," ujarnya lagi.


Selain itu Edi Ismanto ketua Program Studi Pendidikan Informatika menjelaskan bahwa dunia pendidikan baik dari level SD sampai SLTA konsep pembelajarannya tidak akan terlepas dari Perkembangan Teknologi sehingga Teknologi ini perlu kita kenalkan atau kita ajarkan terhadap peserta didik, Teknologi ini akan selalu berkembang dan semua unsur mau tidak mau harus mengikutinya, apalagi yang berkecimpung didunia pendidikan. Sehingga disini kita berkomitmen untuk menghasilkan tenaga pendidik yang profesional dibidang TIK dan Tenaga Ahli dibidang TIK. ‎ (r12)

 


Share Berita


Komentari Berita