Pendidikan IPA

PENDIDIKAN IPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP)
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH RIAU

Sejarah singkat

Program Studi Pendidikan IPA adalah salah satu program Studi terbaru di Universitas Muhammadiyah  Riau. Program Studi Pendidikan IPA FKIP UMRI berdiri tanggal 5 Januari 2018, sesuai dengan SK penyelenggaraan program studi Pendidikan IPA dari Dikti Nomor19/KPT/I/2018, perihal ijin penyelenggaraan Program Studi Pendidikan IPA jenjang Sarjana (S1). Berdirinya Program Studi Pendidikan IPA  ini berdasarkan kebutuhan akan  adanya guru IPA yang selama inimasihbelum terpenuhi.PembelajaranIPAditingkatanSMP/MTssesuaikurikulum saat inidiajarkan secara terpadu,hal ini berarti dibutuhkan seorang guru yangmemilikipemahamanyangbaik dalam bidang Fisika,BiologidanKimia.Padakenyataanya,guru-guruyangmengajarIPAdisekolahadalahguru-guru yangbukanberlatar belakangkeilmuanIPA,melainkangurubiologiataugurufisika,bahkanada juga guruyangmengajar IPAadalahguruyangmemilikilatarbelakangtidakdarirumpunIPA.halinitentu akanberdampakpadamutupendidikan.Mengingat begitubesarnyakebutuhanakanguruIPAdi tingkatanSMP/MTs,makaUniversitasMuhammadiyahRiauberusahauntukmengatasipermasalahan inidengan mendirikanProdiPendidikan IPA. Denganharapan ProdiPendidikan IPA iniakan dapat menghasilkanguruIPAyangprofesional,bermarwahdanbermartabat berdasarkannilai-nilaiIslam dilengkapidengankemampuanmengintegrasikankeilmuanIPAdalambentukinterdisipliner ilmu dalamkegiatanpembelajaran,handaldalampengelolaanlaboratoriumIPA serta lulusanyang dihasilkanmampumenjadiwirausahawandibidangIPA sehingga mampumembuka/menciptakan lapangankerjasecaramandiri.



Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran

Visi

“Menjadiprogramstudiyangungguldalampendidikanditingkat nasionalyang melahirkantenagapendidikIPAyangprofessional,bermarwahdanbermartabatberazaskankejujuran danketaatandalammenjalankannilai-nilaiIslam tahun2030”

Misi

DalamupayamewujudkanvisitersebutProgramStudiPendidikanIPAmenetapkanmisi:

  1. Menyelenggarakanpendidikanyangdapatmeningkatkanprofesionalismetenagapendidik.
  2. Menyiapkancalonpendidikdantenaga pendidikyangunggul,profesional,kreatifdan berprestasisertamemiliki dayasaingtinggi.
  3. Menyelenggarakanpendidikanyangmelahirkantenagapendidikyangberakhlak,bermarwah
  4. danbermartabatberdasarkannilai-nilaiIslamKemuhammadiyahan.
  5. Melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan dalam bidangpendidikan IPA yang kompetitif,inofatifdankreatifyangdapat memberikankontribusikepada institusi, masyarakat danbangsa.
  6. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat di bidang pendidikan IPA untuk mendukung
  7. perkembanganIPTEKS.

Tujuan Program Studi

Berdasarkanvisidanmisitersebut,programstudiPendidikanIPAmemiliki tujuansebagaiberikut:
  1. TerselenggaranyakegiatanbelajarmengajaryangkentalakanIPTEKSdanIMTAQ.
  2. Menghasilkantenagapendidikprofesionalyangmemilikikompetensipedagogik,profesional, kepribadiandansosial.
  3. Menghasilkantenagapendidikyangber-IPTEKSdanber-IMTAQ.
  4. Menghasilkantenagapendidikyangberdayasaingtinggi.
  5. Menghasilkantenagapendidikyangberpikirdanbertindak secarainovatifdankreatif.
  6. MenghasilkanprofilguruIPAyangberjiwamandiridanberbudipekertiluhur,dansiapbelajar sepanjanghayat(long-lifelearning).
  7. Terselenggaranya kerjasamadenganberbagaipihakuntukmeningkatkankualitasdan keprofesionalanlulusansertaketerserapanlulusan.



Sasaran Program Studi

Untukmencapaivisi,misidantujuanProgramStudiPendidikanIPA, makasasarandan strategi pencapaianyangditempuhdijabarkansebagaiberikut:

  1. Melaksanakankegiatanakademik yangefektifdanefisienberdasarkanstandar kualitas nasionalmaupuninternasionaldenganberperanaktifpada kegiatanpenjaminanmutu internalmaupuneksternalmengacupadaPusat JaminanMutu(PJM)Universitas MuhammadiyahRiau.
  2. Meningkatkan dan mengembangkan fasilitas dan sarana-prasarana untuk mendukung
  3. penyelenggaraanpendidikan, penelitian, danpengabdiankepadamasyarakatbagisegenap sivitas Menghasilkanlulusan serjana yangmemilikikompetensiuntukmenjadiguruprofesionaldan dapatmenyelesaikanstudidengannilairata-rataIPK 3,3sertatepat waktu.
  4. Menghasilkanlulusan serjana pendidikandibidangpendidikanIPAyangdapat memasuki pasarkerjadanmenciptakanlapangankerjasecaramandiri
  5. Menjalinkerjasamayangberkelanjutandenganberbagaipihakbaikuntukmembukajaringan
  6. dalamdemikemajuanprogramstudipendidikanIPAdalamrangka memecahkanmasalah- masalahPendidikanIPAdanmeningkatkankualitascaturdharma perguruantinggiyang berorientasipadaalislamdankemuhammadiyahan.