Pendidikan IPA

PENDIDIKAN IPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP)
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH RIAU

Sejarah singkat

Program Studi Pendidikan IPA adalah salah satu program Studi terbaru di Universitas Muhammadiyah  Riau. Program Studi Pendidikan IPA FKIP UMRI berdiri tanggal 5 Januari 2018, sesuai dengan SK penyelenggaraan program studi Pendidikan IPA dari Dikti Nomor19/KPT/I/2018, perihal ijin penyelenggaraan Program Studi Pendidikan IPA jenjang Sarjana (S1). Berdirinya Program Studi Pendidikan IPA  ini berdasarkan kebutuhan akan  adanya guru IPA yang selama inimasihbelum terpenuhi.PembelajaranIPAditingkatanSMP/MTssesuaikurikulum saat inidiajarkan secara terpadu,hal ini berarti dibutuhkan seorang guru yangmemilikipemahamanyangbaik dalam bidang Fisika,Biologi dan Kimia. Padakenyataanya, guru-guru yang mengajar IPA di sekolah adalah guru-guru yang bukan berlatar belakang keilmuan IPA, melainkan guru biologi atau guru fisika, bahkan ada juga guru yang mengajar IPA adalah guru yang memiliki latar belakang tidak dari rumpun IPA.


Visi Keilmuan PS

Menjadikan  pendidikan IPA yang unggul yang mengintegrasikan keislaman, Science, Technology, Engineering, and Mathematics (Islamic-STEM ) yang bermarwah dan bermartabat

Misi Keilmuan PS

  1. Menyelenggarakan Pendidikan yang dapat meningkatkan profesionalisme tenaga pendidikan
  2. Menyipakan calon pendidik yang unggul, professional, kreatif inovatif dan berprestasi dalam bidang IPTEKS dengan mempertimbangkan aspek keberlanjutan
  3. Menyelenggarakan pendidikan yang melahirkan tenaga pendidik yang berahlak , bermarwah dan  bermartabat berdasarkan nilai-nilai Islam dan kemuhammadiyahan
  4. Melakukan kegiatan Tridarma (pengajaran, penelitian dan pengabdian) dalam bidang IPA yang kompetititf, inovatif dan kreatif yang dapat memberikan kontribusi kepada institusi , masyarakat dan bangsa

 Tujuan PS (terkait dengan profil lulusan)

  1. Berdasarkan visi dan misi tersebut,program studi Pendidikan IPA memiliki tujuan sebagai berikut:
  2. Terselenggaranya kegiatan belajar mengajar yang kental akan IPTEKS dan IMTAQ.
  3. Menghasilkan tenaga pendidik professional yang memiliki kompetensi pedagogik,profesional, kepribadian dan sosial.
  4. Menghasilkan tenaga pendidik yang ber-IPTEKS dan ber-IMTAQ.
  5. Menghasilkan tenaga pendidik yang berdaya saing tinggi.
  6. Menghasilkan tenaga pendidik yang berpikir dan bertindak secara inovatif dan kreatif.
  7. Menghasilkan profil guru IPA yang berjiwa mandiri dan berbudi pekerti luhur,dan siap belajar sepanjang hayat (long-life learning).
  8. Terselenggaranya kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas dan keprofesionalan lulusan serta keterserapan lulusan.

Load comments

0 Comments