Pendidikan Teknik Elektronika

PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP)
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH RIAU 
Sejarah Singkat

Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika merupakan salah satu dari 2 program studi yang baru saja terbit izin penyelengaraannya di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) pada tanggal  5 januari 2018. Pendirian Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika merupakan sarana untuk memenuhi kebutuhan akan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mencetak sumber daya manusia di bidang tenaga pendidik dan kependidikan khususnya dibidang Teknik Elektronika. Adapun gelar yang disandang oleh lulusan program studi ini adalah S.Pd (Sarjana Pendidikan) dengan bidang keahlian Teknik Elektronika.
Prodi Pendidikan Teknik Elektronika UMRI berdiri dengan izin operasional dari RISTEK DIKTI pada tanggal 05 Januari 2018 dengan SK Izin Operasional No. 19/KPT/I/2018 serta penyelenggaraannya dilaksanakan pada semester ganjil TA. 2018/2019.

Visi, Misi, dan Tujuan

Visi :
“Menghasilkan tenaga pendidik kejuruan teknik elektronika yang unggul, profesional, bermarwah dan bermartabat dengan berlandaskan IPTEKS dan IMTAQ di wilayah sumatera pada tahun 2030”
 Misi :
  • Menyelenggarakan kegiatan akademik dalam bidang pendidikan teknik elektronika untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang unggul pada bidang pendidikan dengan berlandaskan IPTEKS dan IMTAQ.
  • Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan pada bidang Pendidan Teknik Elektronika yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan keilmuan Pendidikan Teknik Elektronika.
  • Menyelenggarakan kegiatan pendidikan pengajaran dan pelatihan kejuruan bidang Pendidikan Teknik Elektronika sesuai standar nasional maupun internasional dengan tetap berpijak pada nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan.
  • Menyelenggarakan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang mendorong pengembangan potensi masyarakat dan dilingkungan dalam memanfaatkan IPTEKS untuk mewujudkan masyarakat yang sejatehra, cerdas, dan mandiri.
  • Menyelenggarakan tata kelola Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika yang profesional, bersih dan akuntabel.
  • Mengembangkan berbagai sumber daya dan kerjasama untuk mendukung pencapaian visi Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika.
Tujuan :
  1. Menghasilkan sarjana Pendidikan Teknik Elektronika yang memiliki kualifikasi sesuai standar KKNI serta senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan.
  2. Melaksanakan kegiatan pengembangan Pendidikan Teknologi dan Kejuruan khususnya Teknik Elektronika pada tingkat nasional dan internasional.
  3. Mewujudkan kerjasama yang lebih intensif dan ekstensif dengan pihak lain (lembaga pendidikan, penelitian, pemerintah, industri dan alumni) dalam rangka mengembangkan kemampuan program studi untuk menyelenggarakan proses pendidikan yang berkualitas.
  4. Menghasilkan penelitian dan publikasi berskala nasional dan internasional serta memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu kehidupan masyarakat.
Profil Lulusan
  1. Tenaga Pendidik dibidang Teknik Elektronika (Audio Video, Elektronika industri, Mekatronika, Teknik Listrik)
  2. Instruktur/Trainer Workshop Elektronika Industri danTelekomunikasi
  3. Tenaga Kependidikan (Pranata Laboratorium Pendidikan, Pengelola kependidikan, asisten peneliti)
  4. Teknisi, Pelaksana, Supervisor, Advisor  Pengawas dibidang pekerjaan teknik elektronika (Pengendalian berbasis mikrokontroler, PLC dan Internet of Things Engineering/IOT )
  5. Wirausahawan dibidang Teknik Elektronika




Tayangan halaman minggu lalu