Sabtu, 16 Mei 2020

300 Peserta Ikuti Webinar Digital FKIP UMRI


Gambar 1. Pembicara Webinar


Ditengah pandemi Covid-19 saat ini yang memaksa hampir setiap orang untuk work from home, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Riau (FKIP UMRI) berkomitmen untuk tetap produktif, termasuk dalam hal berbagi ilmu pengetahuan. Berawal dari diskusi santai, maka munculah ide dari para dosen empat Program Studi yang ada (Pendidikan Informatika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan IPA dan Pendidikan Teknik Elektronika) untuk mengadakan webinar.

Webinar pertama kali bagi FKIP UMRI ini mengangkat tema “Webinar Pendidikan Digital Berkemajuan” dengan topik bahasan yang sangat relevan untuk membantu para pendidik, mahasiswa dan siswa yang diharuskan untuk tetap melaksanakan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kegiatan webinar ini dilaksanakan selama dua hari, Jum’at dan Sabtu tanggal 15-16 Mei 2020. Webinar ini berhasil menarik minat lebih dari 300 peserta yang terdiri dari dosen, guru, mahasiswa dan bahkan calon mahasiswa se Indonesia. Kegiatan ini menghadirkan lima narasumber yang ahli dibidangnya, termasuk seorang pembicara dari Universitas Manchester, Inggris bernama Dr Gary Motteram.

Hari pertama webinar dibuka oleh Dekan FKIP UMRI, Edi Ismanto, ST., M.Kom. Dalam sambutannya beliau sangat mengapresiasi webinar ini dalam membantu sesama bagaimana agar kegiatan PJJ bisa berjalan dengan baik dengan menghadirkan narasumber yang akan berbagi sesuai keahlian masing-masing. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama dengan judul “Aktif Belajar di Rumah”  oleh Melly Novalia, S.Kom., M.Pd dan “Kreatif bersama Google Classroom” oleh Noverta Effendi, ST., M.Kom dan dipandu oleh Wandi Syahfutra, M.Pd sebagai moderator.


Gambar 2. Penyampaian Materi hari pertama

Webinar dilanjutkan pada hari ke dua dengan menghadirkan tiga narasumber. Kegiatan dimulai pada pukul 13.30 WIB dengan topik “Strategi Pembelajaran Online yang Menyenangkan” oleh Siti Niah, M.Pd. Narasumber berikutnya adalah Pratama Benny Herlandy, M.Pd dengan tema “Membuat Kuis Online dengan Menggunakan Aplikasi Quizziz”.


Gambar 3. Penyampaian Materi hari kedua

Pemaparan materi terakhir menghadirkan narasumber yang sangat ditunggu-tunggu yaitu Dr Gary Motteram yang merupakan dosen di Universitas Manchester yang telah menerbitkan 57 artikel ilmiah di jurnal bereputasi. Beliau mengangkat topik “Teaching online in low resource contexts?.

Gambar 4. Penyampaian Materi oleh Dr Gary Motteram

Dr Gary menjelaskan bahwa tidak ada teknologi yang bisa menjadi solusi untuk setiap permasalahan pembelajaran, namun teknologi terbaik adalah yang kita miliki dan tau bagaimana menggunakannya. Beliau juga menekankan bahwa yang terpenting itu adalah materi yang akan kita ajarkan, bukan teknologi apa yang akan kita gunakan.

Webinar ditutup oleh Wakil Dekan FKIP UMRI, Pahmi, S.Pd., MA. Mewakili FKIP, beliau menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua narasumber yang telah berbagi ilmu yang sangat berguna bagi semua peserta. Apresiasi yang tinggi dan terimakasih juga kepada panitia yang telah mengadakan kegiatan ini. Dan yang paling penting terimakasih kepada semua peserta yang telah berpartisipasi aktif selama kegiatan dengan mendengarkan pemaparan secara seksama dan aktif mengajukan pertanyaan.
Sampai jumpa di kegiatan-kegiatan keren lainnya oleh FKIP UMRI Hebat!

Sampai jumpa di kegiatan-kegiatan keren lainnya oleh FKIP UMRI Hebat!

Download Sertifikat Webinar Disini
Download Materi Webinar Disini

Tayangan halaman minggu lalu